6 Masalah Makan Pada Balita Dan Cara Mengatasinya

6 Masalah Makan Pada Balita Dan Cara Mengatasinya

HonestDocs menyarankan Anda untuk tetap melakukan konsultasi langsung dengan dokter yang ahli dibidangnya. Pisang yang memiliki kandungan energi dan karbohidrat dapat menjadi makanan wajib si kecil setiap hari. Pisang dapat disajikan dengan menghaluskan dan mencampurkannya dengan susu atau ASI.

Tips agar makan anak lahap

Walaupun sedih, semoga contoh cerpen diatas menginspirasi kalian semua ya. “Iya emang aku bisa aja menjual produkku ini dengan harga yang tinggi jika aku mau. Aku juga bisa aja kerja di perusahaan bonafit dengan gaji yang besar. Tetapi mohon maaf ya teman-teman, aku kuliah tinggi- tinggi bukan untuk uang atau balik modal dari seluruh biaya yang aku udah keluarin. Tetapi aku bahagia jika pekerjaanku dapat bermanfaat untuk orang lain baik dari segi biaya serta kesehatan mereka.” Jelas Yola. Yola merupakan mahasiswi lulusan pertanian yg memilih berwirausaha daripada bekerja kantoran.

Jus dan minuman manis lainnya akan memenuhi kebutuhan anak-anak tanpa memberi mereka energi, lemak, atau protein. Kebiasaan mengemil yang berlebihan ini akan membuat anak kenyang sebelum waktunya makan. Hal ini agar tenaga yang dimiliki anak tidak habis dan tidak mengalami penurunan berat badan. Melewatkan waktu makan juga bisa membuat anak tidak disiplin sehingga malas untuk makan.

Sebaiknya sajikan makanan yang berwarna-warni agar menarik mata. Moms bisa mengkombinasikan bermacam-macam sayur dengan warna berbeda, serta sajikan bersama sumber karbohidrat, protein, dan lemak dalam porsi makan yang seimbang. Ibu wajib memperhatikan pola makan anak agar kebutuhan anak akan nutrisi tetap terpenuhi.

Suami juga kadang-kadang bisa mengalami penambahan berat badan ketika istrinya hamil, ini karena ia tergoda melihat makanan yang dikonsumsi sang istri. Orang tua juga dapat menyediakan buku resep masakan yang sesuai dengan usia anak. Jika ia tertarik, orang tua dapat mencoba memasak satu menu makanan bersama-sama. Hal ini membuat anak lebih cenderung memakan dan menghargai masakan atas inisiatifnya sendiri. Mencukupi kebutuhan anak akan kalori sangat penting untuk menambah berat badan anak. Jumlah asupan makanan harus disesuaikan dengan kebutuhan kalori anak.

Kondisi demikian ini kerap membuat orang tua kewalahan mencari solusinya. Apalagi di usia balita ini, ia mulai mengenal makanan-makanan yang lebih ia sukai dari yang lainnya. Akibatnya, ia tambah susah ditawari jenis makanan tertentu yang tidak ia sukai. Selain menjaga pola makan dan porsinya, waktu tidur yang didapatkan anak juga penting dalam menjaga berat badan tubuhnya.

Jika diberikan suplemen anak justru merasakan diare dan sakit perut sebaiknya ibu menghentikan pemberian suplemen tersebut. Hindari untuk memberikan anak porsi makan terlalu banyak, maupun terlalu sedikit, Moms. Bila ia sudah kenyang, tak perlu memaksanya untuk menghabiskan menu makannya hari itu. Oleh karena itu, pastikan Anda tidak membuat jadwal makan anak terlalu dekat, ini demi mencegah si kecil yang masih kenyang untuk makan lagi. Tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter mengenai perilaku balita susah makan.

Comments are closed.