Sumber Masalah Sesungguhnya, Corona Atau Media?

Sumber Masalah Sesungguhnya, Corona Atau Media?

Di tengah mewabahnya corona, masker dan cairan pencuci tangan banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya kedua barang itu berguna untuk langkah antisipatif penyebaran corona. SMPN 5 Tanah Grogot sebagai mitra Tanoto Foundation Provinsi Kalimantan Timur melakukan sosialisasi wabah Covid-19 ke seluruh warga sekolah. Dengan komitmen untuk memberikan solusi pengujian yang cepat, akurat, dan andal bagi penyedia layanan kesehatan dan masyarakat serta membantu Indonesia memerangi Covid-19, pihaknya menghadirkan tes antigen SARS-CoV-2 Elecsys® yang berbasis laboratorium dengan metode ECLIA .

Dilansir dari kompas.com, penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB resmi diumukan oleh pemerintah pusat pada 31 Maret 2020. Langkah PSBB ini sesuai dengan UU No. 6 Tahun 2018 Tentang Kekarantinaan Kesehatan. Untuk itu, salah satu upaya pencegahan dasar penularan pandemi COVID-19 adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun secara menyeluruh dengan durasi minimal selama 40 detik. “Kami melakukan itu dan kami dalam kondisi terbaik – kami tidak tahu, itu mungkin bukan a hundred persen kami, saya tidak tahu. Tetapi Everton memiliki waktu yang sama, tidak lebih, tidak kurang. Jadi tidak ada hubungannya dengan performa sebelumnya. “Kami tidak menggunakan performa Everton yang mereka miliki sebelum kuncian sebagai pertimbangan, dan begitu juga performa kami pada saat itu tidak memiliki pengaruh sebenarnya.

Hal tersebut mungkin saja dapat dilakukan, sebagai contoh Online Single Submision yang diterapkan di DPMPTSP. Bukan tidak mungkin peserta didik dapat mewujudkan aplikasi daring yang memudahkan proses penyelenggaraan pelayanan publik. Ekspresi dan kegundahan kedua tokoh nasional tersebut, tentu merupakan bentuk kegelisahan yang harus dijadikan tolok ukur memudarnya pemahaman masyarakat terhadap wawasan kebangsaan yang dijiwai oleh nilai – nilai luhur Pancasila. Hingga saat ini, Pancasila masih tampak kokoh berdiri mempersatukan berbagai komponen bangsa, suku bangsa, golongan dan etnik di bawah NKRI.

Sudah selayaknya media massa bersatu dalam keberpihakan pada kepentingan publik. Dengan kekuatan yang sedemikian besar, media mampu menjadi jembatan untuk mendorong pemerintah agar mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang berdampak positif sekaligus mengedukasi masyarakat sendiri. Sebagai sumber informasi, yang pertama tentunya media massa tidak boleh melupakan kewajiban utamanya untuk mengedukasi masyarakat. Tidak hanya dengan memberikan data statistik korban COVID-19, edukasi yang dimaksud juga termasuk mengkomunikasikan penelitian dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Memanfaatkan keadaan Covid

Tidak bisa dipungkiri, internet telah menjadi kebutuhan pokok masyarakat di masa pandemi. Banyak kegiatan yang dialihkan secara daring, mulai dari work from home, belajar online, hingga transisi dari bisnis konvensional ke bisnis online. Kamu dapat mencari peluang untuk menjangkau lebih banyak segmen bisnismu dengan memanfaatkan teknologi online seperti menggunakan sosial media, platform e-commerce, forum, hingga membuat web site agar produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumen. Puskesmas, Perbankan, Kantor Asuransi, ATM, dan layanan system pembayaran, layanan pasar modal. Guna mencegah penularan wabah virus corona yang meluas, masyarakat dihimbau bahkan dipaksa untuk tinggal di rumah.

Institute for Development of Economics and Finance menyebut bahwa banyak kalangan pengusaha yang memanfaatkan isu pandemi corona atau Covid-19 untuk melakukan pemutusan hubungan kerja karyawan tanpa membayar pesangon. Pasalnya, omzet dari industri kreatif UMKM di tengah pandemi sangat jauh menurun yang kemudian mempengaruhi kelancaran kredit perbankan di sektor atau industri ini. “Ekonomi kreatif umumnya banyak berhubungan dengan pariwisata, termasuk industri oleh-oleh dan juga barang-barang kerajinan.

Untuk mewujudkan budaya belajar ini, pendidik perlu untuk terlibat aktif dalam jejaring profesinya, baik lingkup lokal maupun global, serta selalu memperbarui pengetahuannya terkait hasil-hasil penelitian dalam bidang ilmu pendidikan. Dengan semangat ini, pendidik dituntut untuk mengeksplorasi dan menerapkan berbagai macam teori, pendekatan, dan prinsip desain pembelajaran guna menciptakan lingkungan belajar yang inovatif bagi peserta didiknya. Oleh karena itu, pendidik perlu melakukan refleksi secara terus-menerus terhadap praktik pengajarannya, serta menerapkan dan mengembangkan model-model pembelajaran terkini, seperti flipped classroom, blended learning, dan pembelajaran daring. Selain itu, pendidik juga perlu mengoptimalkan gawai yang telah dimiliki oleh peserta didik, atau yang telah disediakan bagi mereka, untuk menciptakan pembelajaran inovatif, aktif, dan mendalam. Upaya mengatasi penyebaran Corona juga sudah gencar dilakukan oleh pemerintah, mulai dari menerapkan Physical Distancing dan kini telah ditingkatkan menjadi PSBB .

Ini juga sebagai bentuk implementasi nilai-nilai Pancasila, Indonesia Adil Makmur,” tegas Prakoso. Penguasaan ruang secara de facto dan de jure merupakan legitimasi dari kekuasaan politik. Bertambahnya ruang negara atau berkurangnya ruang negara oleh berbagai jenis sebab, selalu dikaitkan dengan kehormatan dan kedaulatan negara dan bangsa (Sunardi, 2000, 33 – 35). Sementara itu, hubungan antar bangsa senantiasa diwarnai oleh kompetisi dan kerjasama. Dalam hubungan tersebut, setiap bangsa berupaya untuk mencapai dan mengamankan kepentingan nasionalnya menggunakan semua instrumen kekuatan nasional dimilikinya. Semua informasi mengenai Prakiraan Cuaca, Iklim, Kualitas Udara, dan Gempabumi yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia tercakup dalam satu aplikasi mobile.

Sebuah solusi belajar berbasis teknologi harus bisa menghadirkan sekaligus menguatkan interaksi antara guru dan siswa, dengan sistem daring supaya proses pembelajaran tetap bejalan sepeti yang di harapkan oleh masyarakat umum. Chairman TRAS N CO Indonesia, Tri Raharjo, menyebut bahwa dampak dari bencana wabah virus corona memukul banyak sektor bisnis di Indonesia. Beberapa sektor bisnis yang berpotensi mengalami penurunan penjualan ialah bengkel, restoran, salon, spa, properti, mice, tour & journey, hotel, transportasi, penerbangan, mal, style, dan beberapa sektor bisnis lainnya. Untuk merekam pandangan masyarakat, pengakuan akan kondisinya, Badan Pusat Statistik mengadakan survei dengan nama Survei Sosial Ekonomi Dampak Covid-19, serta menerbitkan buku publikasi untuk mensosialisasikan hasilnya.

Seperti membagi mahasiswa menjadi dua kelompok dan tetap jaga jarak saat melakukan praktikum. Sebagai aplikasi software akuntansi on-line, Jurnal ikut mendukung dan berkomitmen membantu menjawab tantangan untuk menjaga produktivitas dan pertumbuhan ekonomi di tengah tuntutan untuk mengurangi mobilitas ke tempat kerja dan keramaian umum lewat program #UKMtahankrisis. Manfaatkan teknologi dan internet untuk mencari peluang bisnis yang bisa dijalankan secara on-line. Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan baik untuk berjualan online atau melakukan promosi secara on-line agar bisnis tetap bertahan. Bisnis digital atau bisnis IT menjadi salah satu dari deretan sektor usaha yang dapat menjadi peluang usaha saat Corona dan dapat bertahan dalam kondisi krisis sekalipun. Sehingga bisa dijadikan peluang bisnis sekaligus membantu masyarakat memenuhi kebutuhan atas kesehatan.

Comments are closed.